Email: info@jedi.id | Ph: +6221 - 80622255

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
JEDI Care

Kejar Lisensi Bank Indonesia, Infradigital Nusantara Pilih Layanan Audit IT Jedi Solutions

Infradigital Nusantara (IDN), perusahaan rintisan dibidang pendidikan atau startup Edu-Tech gunakan layanan audit dari Jedi Solutions upayanya untuk memperoleh lisensi dari Bank Indonesia. Lisensi sebagai Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) wajib dimiliki IDN terkait rencananya menghadirkan layanan pembayaran digital untuk lembaga pendidikan. Dalam mewujudkan hal tersebut, ada aturan yang perlu dipenuhi oleh perusahaan yaitu mendapatkan lisensi dari BI (Bank Indonesia) sebagai Penyedia Jasa Pembayaran (PJP).

“Tujuan kami adalah memberikan akses lebih luas untuk menjawab kebutuhan layanan pembayaran di lembaga Pendidikan. IDN menyediakan aplikasi yang memungkinkan sekolah-sekolah yang belum mempunyai resource IT yang memadai menerima pembayaran online dari para orang tua peserta didiknya. Saat ini kami sedang dalam proses untuk meluncurkan layanan remitansi ke publik,” kata Muhammad Irwin, VP Technology & Compliances IDN.

Agar bisa merealisasikan rencana itu IDN harus terlebih dulu mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia yang mensyaratkan sejumlah dokumen, salah satunya berupa laporan hasil audit teknologi informasi dari auditor eksternal. Disinilah peran Jedi Solutions melalui layanan audit service dibutuhkan oleh IDN.

Jedi Solutions membantu IDN dalam menilai sistem ITnya,sehingga sesuai dengan standar persyaratan lisensi BI, khususnya terkait keamanannya. “Kami memilih menggunakan layanan dari Jedi Solutions, dengan mempertimbangkan rekam jejak Jedi Solutions sebagai penyedia solusi IT, termasuk layanan audit dan consulting,” ungkap Irwin.

Infradigital Nusantara (IDN) Bantu Digitalisasikan Layanan Pendidikan di Indonesia

Infradigital Nusantara merupakan salah satu Edu-Tech yang telah terhubung dengan lebih dari 22 ribu lembaga pendidikan mulai universitas, madrasah, pesantren, PKBM, dan bimbingan belajar yang tersebar di 31 provinsi di Indonesia..

IDN menyediakan berbagai macam produk untuk membantu lembaga pendidikan di Indonesia melakukan digitalisasi, termasuk digitalisasi data penunjang kelengkapan EMIS/Dapodik, layanan pengelolaan keuangan dan tagihan, serta layanan digital lainnya.

Saat ini IDN juga tercatat sebagai satu-satunya startup Edu-Tech yang terdaftar di Bank Indonesia (BI), serta mengantongi Sertifikasi ISO 27001:2013 mengenai sistem keamanan informasi (ISMS).

“IDN menyadari pentingnya kepercayaan pengguna terutama terkait data-data personal mereka. Dengan lisensi dari BI kami ingin meningkatkan kepercayaan pelanggan terkait keamanan hingga manajemen risiko terhadap layanan pembayaran, khususnya remitansi,: jelas Irwin.

Optimis Kantongi Lisensi BI dengan Layanan Audit IT Jedi Solutions

Jedi Solutions menyediakan berbagai layanan untuk kebutuhan dan solusi TI bagi perusahaan, semenjak tahun 2022 Jedi Solutions menambahkan layanan mereka untuk audit and consulting services. Audit TI dilakukan untuk menjaga keamanan sistem informasi dengan mempertahankan integritas informasi yang disimpan dan diolah serta untuk meningkatkan keefektifan penggunaan teknologi informasi serta mendukung efisiensi dalam organisasi. Ini merupakan kegiatan operasional sebuah perusahan atau organisasi sebagai salah satu penerapan Good Corporate Governance, untuk memastikan 3 aspek yaitu Governance, Risk, dan Compliance.

Jedi Solutions menyediakan layanan Audit Teknologi Informasi sesuai standard ISO dan Audit Management Teknologi Informasi sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan POJK maupun Peraturan Bank Indonesia (PBI). Melalui layanan ini Jedi Solutions membantu Infradigital Nusantara untuk membuat laporan audit TI sebagai bentuk penuhi dokumen sebagai persyaratan lisensi BI untuk Penyedia Jasa Pembayaran.

Dalam proses audit ini, Jedi Solutions menyampaikan temuannya untuk nantinya diperbaiki oleh IDN. “Auditor dari Jedi Solutions menyampaikan hal-hal yang perlu diperbaiki dan kami menyanggupi untuk memperbaiki tetapi proses dengan BI masih belum selesai kemungkinan akan mulai kembali di bulan Juni. Kami diberikan waktu setelah Jedi menyampikan temuan nya dan setelah itu BI akan kembali mengaudit kembali.” Jelas Irwin.

Melalui layanan Audit Service, Jedi Solutions meninjau aspek-aspek tertentu sesuai dengan kebutuhan dari IDN dan standar Peraturan Bank Indonesia (PBI). Audit Teknologi Informasi berbasis risiko untuk layanan aplikasi Saku IDN dan proses pendukungnya ini mencangkup aspek confidentiality, integrity, availability, authentication, dan non-repudiation.

Hasil temuan dari berbagai aspek serta saran dari Jedi Solutions membantu kami untuk menyesuaikan dengan syarat yang sesuai dengan parameter BI. Apabila didalam proses audit ditemukan adanya kekurangan yang bersifat major atau fatal, maka temuan ini akan menjadi dasar bagi BI untuk dilakukan perbaikan terlebih dahulu agar bisa melanjutkan proses pengajuan lisensi.

“Sebelumnya di IDN sudah ada SOP atau sistem yang berkaitan dengan IT, akan tetapi tentu saja perlu juga dilakukan audit untuk melihat apakah SOP dan sistem tersebut sudah berjalan

seperti yang diharapkan. Dengan adanya bantuan dari Jedi Solutions terkait audit dari pihak eksternal sangat membantu bagi kami untuk mendapatkan insight tentang pelaksanaan SOP, atau kekurangan yang masih ada pada sistem dan juga peningkatan apa yang dapat dilakukan pada IDN.” Ungkap Irwin.

Hasil temuan audit dari Jedi Solutions yang IDN rasakan berguna diantaranya, adanya temuan beberapa SOP yang perlu diupdate agar lebih sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini dan IDN lebih menyadari di sisi IT mana yang perlu ditingkatkan seperti peningkatan sistem SOC (Security Operation Center).

Selain layanan tersebut, Jedi Solutions juga menyediakan beragam layanan mulai dari project management, desain layanan, pemesanan, penyediaan, aktivasi serta pemeliharaan infrastruktur. Jedi Solutions menawarkan solusi keamanan MSP terbaik yang skalabel dan fleksibel, mulai dari Managed SD-WAN, Managed WiFi, Managed Cloud, Managed Infrastructure, Managed Network, Managed Security Devices, IT Operation as a Service, Jedi Data Center & Colocation, dan Technology Consulting.

Jedi didukung tenaga ahli tersertifikasi di berbagai produk dan solusi, monitoring dan management selama 24/7, advanced response untuk ancaman siber serta data center yang mampu diintegrasikan di berbagai industri. Untuk solusi lengkap Jedi lainnya, Anda bisa langsung menghubungi kami di link berikut.

Latest Post

Daftar Isi