jedi-logo (1)

Email: info@jedi.id | Ph: +6221 - 80622255

Mana Lebih Baik, Managed Networks vs Self-Managed Network?

managed networks jedi solutions

Hingga saat ini manajemen IT melalui layanan managed networks dan self-managed network masih menuai perdebatan. Ada perusahaan yang memilih untuk melakukan self-managed networks, sementara tak sedikit juga yang menggunakan layanan managed networks. 

Pendekatan managed networks dan self-managed sebenarnya tergantung pada keperluan manajemen IT perusahaan yang berbeda, termasuk budget untuk menangani tanggung jawab tersebut. Jika di artikel sebelumnya kami telah mengupas tuntas mengenai peran penting managed network services, maka kali ini kami akan membandingkan antara managed networks dan self-managed networks untuk mengoptimalkan jaringan bisnis Anda.  

Alih-alih memperpanjang pro-kontra antara managed networks dan self-managed networks, maka artikel kali ini akan membandingkan kelebihan di antara kedunya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Self-Managed Network

Pendekatan self-managed network memungkinkan perusahaan memiliki kontrol sepenuhnya atas jaringan IT bisnis. Inilah salah satu kelebihan yang disukai oleh beberapa perusahaan.  

Mengutip Core, self-managed network memungkinkan Anda untuk menyimpan data secara on-premises dan tidak perlu berbagi informasi dengan pihak ketiga mana pun. Di sisi lain, perusahaan juga memiliki tim IT internal yang sepenuhnya bertanggungjawab untuk memastikan operasional jaringan berjalan optimal dan aman. 

Mengingat infrastruktur yang dikelola secara internal, maka Anda dapat menyampaikan masalah dan keluhan apa pun secara langsung kepada tim. Tim IT pun dapat langsung memberikan respons terkait pertanyaan atau keluhan apa pun terkait optimalisasi manajemen jaringan. 

Di sisi lain, pendekatan ini tentu membutuhkan biaya dan effort yang tak sedikit untuk pemeliharaan IT secara eksklusif. Biaya tersebut meliputi rekrutmen SDM, sertifikasi dan upgrade skill SDM, penyediaan hingga update hardware dan software, lisensi, tagihan listrik, dan sewa gedung. 

Managed Network

Berbeda dengan self-managed service, pendekatan manage networks justru memberikan kelebihan yang tak kalah menguntungkan. Managed networks memungkinkan perusahaan memiliki lebih banyak keuntungan karena server dan peralatan lainnya disediakan oleh penyedia layanan. 

Perusahaan juga mengeluarkan biaya operasional yang lebih sedikit, dengan kemampuan scaling lebih fleksibel seiring dengan pertumbuhan bisnis. Terkait standar infrastruktur dan dukungan SDM, Managed Service Provider (MSP) umumnya memiliki kualitas lebih baik dibandingkan pendekatan self-managed service. 

Bukan tanpa alasan, hal itu karena MSP didukung oleh tim yang expert di berbagai bidang IT, serta didukung dengan berbagai teknologi dan solusi terbaru. Dengan begitu, bisnis akan terus updated tanpa perlu merogoh kocek ekstra karena sudah termasuk dalam biaya yang dibayarkan kepada MSP. 

Managed network juga memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, karena lebih mudah diintegrasikan dengan solusi lain, seperti cloud computing, manajemen aplikasi, dan layanan lainnya. MSP juga memastikan pemantauan jaringan secara proaktif untuk mengidentifikasi potensi masalah sebelum berkembang menjadi serius dan mengganggu operasional bisnis. 

Hanya saja, MSP juga memiliki kekurangan untuk beberapa sektor bisnis. Salah satunya terkait hilangnya kontrol atas infrastruktur IT perusahaan, kinerja dan ketersediaan MSP yang beragam, hingga kredibilitas MSP. 

Untuk mengatasi kekurangan tersebut, pastikan Anda membandingkan beberapa MSP yang memiliki SLA sebagai penyedia layanan IT sesuai kebutuhan dan budget perusahaan. Nah, Jedi adalah salah satu MSP andal dengan kredibilitas yang tak perlu diragukan. 

Baca Juga: Pentingnya Managed Network Services: Kunci Optimalisasi Jaringan Bisnis 

Solusi Managed Network dari Jedi Solutions

Jedi Solutions menawarkan solusi Managed Network Services untuk mengoptimalkan operasional infrastruktur jaringan bisnis dan meningkatkan kinerja dengan biaya paling efektif dan efisien sesuai budget perusahaan Anda. MNS ibarat tool penting untuk membantu bisnis agar dapat mengikuti perkembangan teknologi, menjaga keamanan, meningkatkan efisiensi, dan tetap fokus pada tujuan inti perusahaan. 

Layanan ini memungkinkan perusahaan untuk berevolusi dan mengalami pertumbuhan berkelanjutan di era digital sehingga masalah jaringan dapat ditangani dengan cepat, bahkan di luar jam kerja normal demi memastikan operasional bisnis secara global atau di berbagai zona waktu tertentu tetap berjalan dengan baik. Dengan begitu, bisnis tak perlu lagi khawatir jika terjadi masalah jaringan yang mendadak alami down. Berikut kelebihan Managed Network Jedi untuk bisnis Anda. 

1. Ahli dalam Manajemen Jaringan

Tim ahli Jedi memiliki pengetahuan mendalam mengenai jaringan, termasuk pengalaman luas untuk atasi berbagai masalah dan mengoptimalkan kinerja jaringan. 

2. Dukungan 24/7

Dukungan sepanjang waktu memungkinkan perusahaan mendapat bantuan kapan saja, termasuk di luar jam kerika atau ketika mengalami masalah darurat. 

3. Keamanan Terkelola

Dapatkan kemampuan untuk mengelola dan mengoptimalkan keamanan jaringan untuk merespnos ancaman keamanan dengan cepat dan terapkan tindakan perlindungan yang diperlukan. 

4. Biaya Lebih Efisien

Perusahaan tak perlu menginvestasikan resource utuk upgrade skill tim IT atau update software dan hardware jaringan, sehingga bisa menghemat biaya dalam jangka panjang. 

5. Skalabilitas Tinggi

Dapatkan kemudahan untuk upgrade atau downgrade sumber daya jaringan sesuai dengan kebutuhan dan pertumbuhan bisnis. 

6. Fokus pada Inti Bisnis

Anda dapat fokus pada bisnis inti tanpa direpotkan dengan tugas teknis terkait jaringan karena tim ahli Jedi yang akan menanganinya. 

7. Keandalan Tinggi

Jedi memiliki infrastruktur sangat andal dan redundansi untuk mengurangi risiko gangguan jaringan. 

<h3>8. Kontrol dapat Disesuaikan</h3> 

Perusahaan tetap memiliki kontrol atas jaringan dengan memilih dan menyesuaikan tingkat kontrol sesuai kebutuhan. 

Perusahaan Anda tertarik untuk menggunakan layanan MNS dari Jedi? Didukung tenaga ahli bersertifikat dan berpengalaman di berbagai produk dan solusi, Jedi akan membantu Anda mencari solusi terbaik, fleksibel, dan tetap scalable untuk berbagai industri bisnis. Hubungi kami di link ini untuk mendapatkan solusi lengkap Jedi lainnya. 

Ervina Anggraini – Content Writer CTI Group 

Latest Post

Daftar Isi