jedi-logo (1)

Email: info@jedi.id | Ph: +6221 - 80622255

Pentingnya Managed Network Services: Kunci Optimalisasi Jaringan Bisnis

Managed Network Services JEDI

Managed Network Service (MNS) telah menjadi salah satu kunci sukses perusahaan dalam mengoptimalkan potensi  di era digital ini bisnis. Perusahaan telah memanfaatkan MNS untuk memperkuat keamanan jaringan hingga meningkatkan efisiensi operasional sehingga kinerja bisnis menjadi lebih baik. Lantas, bagaimana MNS mampu mengubah lanskap bisnis secara signifikan dalam hal kinerja, efisiensi, dan keamanan? Simak lebih lengkap di artikel berikut 

Apa itu Managed Network Services? 

Managed Network Services (MNS) adalah layanan yang disediakan oleh IT service provider atau penyedia layanan jaringan yang bertujuan untuk mengelola dan mengoptimalkan infrastruktur jaringan suatu perusahaan. Layanan ini mencakup berbagai aspek jaringan, termasuk perencanaan, implementasi, monitoring, maintenance, dan pemecahan masalah. 

MNS mencakup software jaringan dasar seperti WAN tradisional hingga layanan yang lebih baru seperti SD-WAN. Bisa dibilang, MNS sebagai layanan yang dikelola oleh penyedia pihak ketiga, atau manage service provider. 

Bagaimana Peran Managed Network Services bagi Bisnis? 

Managed Network Services memainkan peran kunci dalam merevolusi bisnis dengan menyediakan solusi teknologi yang mendukung transformasi dan perkembangan perusahaan. MNS membantu perusahaan meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas karyawan dengan mengoptimalkan infrastruktur jaringan, memastikan kinerja optimal, dan mengurangi downtime 

Dengan MNS, bisnis dapat lebih cepat merespons pertumbuhan atau perubahan dalam kebutuhan jaringan mereka. Layanan ini juga memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan atau mengurangi kapasitas jaringan sesuai dengan permintaan, bahkan dalam situasi yang dinamis. 

Selain itu, dalam dunia yang semakin terdigitalisasi, MNS membantu perusahaan menerapkan teknologi baru, seperti Internet of Things (IoT), cloud computing, dan teknologi terkini lainnya, memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Begitu juga dengan hal keamanan, MNS membantu melindungi data sensitif, merespons ancaman keamanan, dan memastikan kepatuhan dengan regulasi yang berlaku dengan biaya pengelolaan yang lebih terkendali.  

Bisnis juga tidak perlu khawatir lagi dengan masalah jaringan yang putus mendadak. Layanan MNS mencakup dukungan sepanjang waktu, agar masalah jaringan dapat diatasi dengan cepat, bahkan di luar jam kerja normal dan memastikan operasional bisnis secara global atau di berbagai zona waktu. 

Secara keseluruhan, MNS menjadi ‘tools’ penting dalam membantu bisnis mengikuti perkembangan teknologi, menjaga keamanan, meningkatkan efisiensi, dan tetap fokus pada tujuan inti mereka. Layanan ini memungkinkan evolusi dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di era digital. 

Baca Juga: Serba-serbi Jaringan 5G untuk Percepat Transformasi Bisnis 

Keuntungan Menggunakan Managed Network Services 

Saat menggunakan MNS, setidaknya ada enam keuntungan yang dapat diperoleh bisnis dari penggunaan layanan ini, sebagai berikut. 

1. Keahlian Teknis Mendalam 

Akses mudah ke tim ahli yang memiliki pengetahuan dan keahlian teknis mendalam untuk mengelola jaringan bisnis dengan standar terbaik dan memastikan kinerja yang optimal. 

2. Fokus pada Core Business 

MNS memungkinkan perusahaan untuk fokus pada bisnis inti tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan sumber daya dalam mengelola infrastruktur jaringan mereka. 

3. Ketersediaan dan Keandalan Tinggi 

Jaminan ketersediaan dan keandalan tinggi dengan monitoring jaringan secara proaktif, identifikasi dan mengatasi masalah sebelum menjadi gangguan yang signifikan. 

4. Skalabilitas dan Fleksibilitas 

Perusahaan dapat lebih cepat mengadaptasi dan mengubah infrastruktur jaringan sesuai dengan kebutuhan dan pertumbuhan bisnis, memungkinkan bisnis lebih mudah merespons perubahan pasar. 

5. Keamanan Ditingkatkan 

Dilengkapi langkah keamanan kuat, termasuk deteksi ancaman, pemantauan keamanan, dan penanganan insiden keamanan untuk melindungi data sensitif dan sistem dari serangan siber. 

6. Hemat Biaya 

Dengan menyewa service provider untuk mengelola jaringan, perusahaan dapat menghindari biaya investasi awal untuk pembelian hardware dan software, serta mengurangi biaya operasional yang terkait dengan maintenance dan pelatihan staf internal. 

Baca Juga: Mengapa IT Outsourcing SD-WAN Jadi Pilihan Terbaik untuk Bisnis? 

Managed Network Services dari Jedi 

Jedi Solutions menawarkan solusi Managed Network Services untuk meningkatkan operasional infrastruktur jaringan bisnis dengan biaya yang paling efektif. Dengan menggunakan MNS dari Jedi, Anda dapat optimalkan operasional teknologi jaringan dan tingkatkan kinerja untuk kelancaran bisnis. 

Jedi didukung tenaga ahli tersertifikasi di berbagai produk dan solusi akan membantu Anda mencari solusi terbaik, fleksibel, dan skalabel. Proses monitoring dan management selama 24/7, advanced response untuk ancaman siber serta data center yang terintegrasi di berbagai industri. Untuk solusi lengkap Jedi lainnya, Anda dapat menghubungi kami di link ini. 

Penulis: Wilsa Azmalia Putri – Content Writer CTI Group 

Latest Post

Daftar Isi