Apa Itu Cloud Native SD-WAN dan Mengapa Bisnis Perlu Mengadopsinya?

Aug 04, 2021
WebBanner-1.jpg

Software-Defined Wide Area Networking (SD-WAN) menjadi teknologi yang banyak dimanfaatkan bisnis untuk mengelola network mereka, khususnya saat melakukan remote working di era pandemi. Lebih dari itu, SD-WAN juga memastikan akses ke aplikasi bisnis agar dapat berjalan dengan optimal.  

Artikel ini akan mengupas lebih mendalam terkait teknologi SD-WAN, khususnya cloud-native SD-WAN dan mengapa bisnis membutuhkannya di era sekarang. Untuk lebih lengkap, simak penjabarannya berikut. 

Apa Itu SD-WAN?

SD-WAN adalah software berbasis teknologi Software-Defined Networking (SDN) untuk digunakan pada koneksi Wide Area Network (WAN). SD-WAN  menghubungkan network perusahaan, seperti kantor cabang dan data center dengan jarak yang sangat luas. Dengan demikian, SD-WAN bisa membantu mengurangi kerumitan lewat zero touch provisioning yang bisa mengatasi isu human error.

SD-WAN juga membawa banyak keuntungan ketimbang teknologi WAN tradisional, di mana menghadirkan kemampuan canggih seperti manajemen terpusat, serta visibilitas real-time ke kinerja network. Sekarang, SD-WAN telah menjadi arsitektur network yang mutlak digunakan bisnis di seluruh dunia. 

Kaitan SD-WAN dengan DevOps dan NetOps

NetOps membangun network baru dengan SD-WAN, dan DevOps membangun aplikasi baru dengan Kubernetes. Keduanya menggunakan langkah yang berbeda, jarang berinteraksi, apalagi berintegrasi satu sama lain.  

Seperti diketahui, di ranah aplikasi dan cloud, Kubernetes telah menjadi standar bagi pelaku IT untuk mengembangkan aplikasi yang memungkinkan penskalaan dengan efisien, mudah dipindahkan, dan fleksibel. Container ringan dari Kubernetes inilah yang membawa hasil optimal untuk DevOps. Sama halnya dengan hasil yang diberikan SD-WAN untuk NetOps, dengan kecepatan dan strategi modern untuk mengatasi berbagai tantangan di lingkungan multi-cloud.  

Namun kenyataannya, banyak cluster Kubernetes telah memanfaatkan SD-WAN tanpa diketahui, yang mana menghubungkan ke end-user lewat arsitektur SD-WAN. Dengan demikian, kaitan SD-WAN baik dengan NetOps dan DevOps sangatlah erat. 

Terlepas dari kaitan tersebut, apakah DevOps dan NetOps bisa bersinergi? Mengingat SD-WAN memungkinkan manajemen fleksibel dan orkestrasi sumber network, dan Kubernetes menawarkan fleksibilitas infrastruktur untuk aplikasi. Jawabannya, tentu bisa lewat teknologi cloud-native SD-WAN 

Apa Itu Cloud-Native SD-WAN?

Seperti dilansir SDX Central, cloud-native SD-WAN dirancang untuk menciptakan model baru yang menyesuaikan SD-WAN ke kebutuhan spesifik dari aplikasi. Cloud-native SD-WAN dapat menciptakan sistem end-to-end dari edge routers ke core cluster Kubernetes, bahkan melewati onRamp cloud.  

Belum lama ini, Cisco, Equinix, dan ngena telah bekerja sama untuk membawa proyek cloud-native SD-WAN. Mereka memamerkan model cloud-native SD-WAN di gelaran MEF Proof of Concept 3.0 Showcase. Di acara tersebut, didemonstrasikan bagaimana platform SD-WAN-as-a-Service milik ngena, jajaran produk SD-WAN milik Cisco, serta akses global dan onRamp cloud yang disediakan Equinix bisa menggabungkan semua untuk menciptakan cloud-native SD-WAN.  

Dengan kaitan ke cluster Kubernetes, serta respon dan kustomisasi SD-WAN yang diperpanjang lewat network dari edge to core to cloud, cloud-native SD-WAN secara cerdas dapat mengoperasikan SDN berdasarkan kebutuhan aplikasi. Dan akhirnya, DevOps dan NetOps bisa bersinergi dengan efektif sebagai solusi end-to-end yang optimal di era cloud.  

Platform ngena juga membuat semuanya mampu mengabstraksi infrastruktur network dan mengirimkan arsitektur SD-WAN modern sebagai layanan fleksibel. Lewat networking seperti ini, NetOps akan mampu mengelola dan mendapatkan insight ke SDN secara mudah. 

Dengan demikian, teknologi cloud-native SD-WAN kini akan menjadi solusi yang dapat dimanfaatkan industri IT untuk mendapatkan kemampuan networking dengan performa terbaik untuk end users. Tak cuma itu, mereka juga akan mendapatkan ketersediaan apliaksi lebih baik, dan meraih lebih banyak kemungkinan dalam mengegelola inovasi pengembangan aplikasi. 

Saatnya Raih Visibilitas dengan SD-WAN dari Jedi

Ciptakan kemudahan arsitektur cloud yang tersentralisasi, untuk membantu Anda bisa terhubung ke aplikasi bisnis secara mudah dan aman dengan layanan Managed SD-WAN dari Jedi Solutions. Jedi memiliki pengalaman komprehensif dalam mengimplementasikan SD-WAN dan tahu persis bagaimana cara mengoptimalkannya. Anda tentu saja bisa mengandalkan koneksi WAN milik Anda kepada kami, sehingga nantinya bisa lebih fokus pada prioritas bisnis Anda. Untuk solusi lengkap Jedi lainnya, silakan kunjungi tautan berikut atau bisa langsung menghubungi kami di info@jedi.id.    

Penulis: Jeko Iqbal Reza 

Content Writer CTI Group