Atasi Celah Keamanan, VMware Perluas Cakupan SASE

Aug 05, 2021
WebBanner-3.jpg

VMware memperluas cakupan platform Secure Access Service Edge (SASE), bukan hanya remote access dan security, tetapi menyatukan jaringan cloud dan layanan keamanan cloud. Perluasan ini untuk memberikan fleksibilitas, kelincahan, dan skala bisnis di semua industri. Platform SASE VMware menyediakan akses yang aman, andal, dan optimal ke aplikasi tradisional dan baru dengan satu solusi holistik dengan menyatukan jaringan cloud dan cloud security. 

SVP and GM of Service Provider and Edge VMware, Sanjay Uppal mengatakan solusinya mengacu pada Point of Presence (PoP) yang sebagian besar menjadi tumpuan bagi aspek security SASE berjalan. Ketika aplikasi dan beban kerja bertransisi ke aplikasi edge dan edge-first, maka ada peluang untuk menjalankan aplikasi yang sama di dalam SASE PoP. 

“Saya rasa banyak orang berpikir sempit tentang hal ini dengan mengatakan bahwa Anda memiliki SD-WAN yang terhubung ke cloud security dan Anda memiliki SASE. Kami tidak berpikir demikian karena bagian penting sebenarnya adalah keunggulan layanan,” kata Uppal. 

Dengan menggabungkan fungsionalitas SASE dan MEC, VMware dapat mengamankan dan mengoptimalkan kinerja komunikasi dengan latensi rendah dan aplikasi yang sensitif terjadi kesalahan, seperti IoT, robotika, atau drone. 

Solusi SASE memberikan akses cloud langsung melalui gateway terhadap 150+ VMware SD-WAN Gateways global untuk memudahkan kelola dan otomatisasi interkoneksi multi-cloud onRamp & IaaS ke AWS, Azure, GSP, dan lainnya. Integrasi ini memungkinkan operator cloud untuk menghadirkan SD-WAN yang efektif dengan arsitektur multi-layer. 

Mengutip SDX Central, analis Gartner, Neil MacDonald mengatakan edge compute menjadi salah satu peluang besar bagi vendor SASE di masa depan. 

Bukan tanpa alasan, SASE mampu menyederhanakan operasional dan ROI sehingga mampu mengatasi tantangan pemasangan, penerapan, pemantauan, dan pemecahan melalui otomatisasi. Platform manajemen yang di-hosting cloud memusatkan pada pembuatan, distribusi, dan kontrol kebijakan end-to-end dengan analitik dan AI & AIOps berbasis AI/ML, LAN/Wi-Fi, WAN, dan data center dengan VMware Edge Network Intelligence untuk isolasi masalah dan upaya perbaikan  

Cloud Web Security Tutup Celah Keamanan SASE

Untuk melengkapi solusi SASE, VMware mengumumkan ketersediaan layanan keamanan, Cloud Web Security sebagai bagian dari penawaran bisnis yang lebih luas. Tak hanya itu, platform SASE VMware juga mencakup VeloCloud SD-WAN serta akses jaringan dengan gateway web yang aman. 

Cloud Web Security menggunakan teknologi VMware Workspace ONE yang pertama kali diumumkan pada akhir 2019 sebagai kolaborasi dengan Menlo Security. Platform security ini mencakup proxy SSL untuk memberikan visibilitas lebih besar ke trafik web, filter URL untuk mengontrol akses ke jenis flie atau situs tertentu. 

Layanan dikirimkan melalui jaringan global VMware yang terdiri dari 150 PoP. Ketika trafik melewati PoP, layanan tersebut akan diperiksa untuk mengetahui kemungkinan terpapar virus atau malware di kemudian hari. 

“Daripada memasang firewall generasi terbaru di kampus atau perusahaan, Anda cukup menerapkan serangkaian layanan dari VMware dari PoP-nya dan keduanya untuk mengamankan trafik jaringan serta mengoptimalkannya. SASE VMware sangat berkinerja dan memiliki serangkaian kemampuan lengkap di bawah satu manajemen dan kontrol,” kata Uppal menambahkan. 

Dapatkan Solusi VMWare dari Jedi

Ciptakan kemudahan arsitektur cloud yang tersentralisasi, untuk membantu Anda bisa terhubung ke aplikasi bisnis secara mudah dan aman dengan layanan Managed SD-WAN dari Jedi Solutions. Jedi memiliki pengalaman komprehensif dalam mengimplementasikan SD-WAN dan tahu persis bagaimana cara mengoptimalkannya. Anda tentu saja bisa mengandalkan koneksi WAN kepada kami, sehingga nantinya bisa lebih fokus pada prioritas bisnis Anda. Untuk solusi lengkap Jedi lainnya, silakan kunjungi tautan berikut atau bisa langsung menghubungi kami di info@jedi.id.   

Penulis: Ervina Anggraini 

Content Writer CTI Group