Apa Itu Managed Cloud Service dan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkannya

Sep 20, 2021
Apa_Itu_Managed_Cloud_Service_dan_Mengapa_Bisnis_Anda_Membutuhkannya.jpg

Dengan segala kemampuan dan keunggulan yang ditawarkan oleh cloud computing, semakin banyak bisnis mengadopsi cloud sebagai tulang punggung infrastruktur mereka. Seiring dengan peningkatan kebutuhan terhadap layanan cloud computing, pengembangan aplikasi cloud-native sebagai tool untuk mengoptimalkan aplikasi tradisional perusahaan terus bertambah. 

Persoalannya, mengintegrasikan layanan cloud dan aplikasi ke dalam proses bisnis bukan hal yang mudah. Keterbatasan pengetahuan plus sumber daya manusia menjadi tantangan besar perusahaan. Karena itu, layanan pihak ketiga seperti managed cloud service sangat dibutuhkan bisnis untuk mengatasi keterbatasan yang dimilikinya. 

Artikel kali ini akan mengupas tuntas tentang apa itu managed cloud service dan hal-hal lain yang perlu diketahui, seperti alasan, cara memilih, serta manfaat dari managed cloud service. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Apa Itu Managed Cloud Service?

Sesuai dengan namanya, managed cloud service adalah layanan cloud yang membantu penggunanya untuk memilih fungsi cloud mana yang ingin dikelola secara mandiri dan bisa diserahkan kepada provider layanan. 

Adapun fungsi yang diserahkan ke managed cloud service provider akan dikelola oleh mereka secara langsung. Jenis pengelolaannya meliputi pengelolaan komputasi, storage, jaringan, sistem operasi, serta infrastruktur IT lainnya. Adapun pengelolaan cloud yang dilakukan bertumpu pada tiga jenis layanan cloud: Infrastructure-as-a-Service (IaaS), Software-as-a-Service (SaaS), dan Platform-as-a-Service (PaaS). 

Mengapa Bisnis Memerlukan Managed Cloud Service?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, peningkatan penyediaan layanan digital pada perusahaan seringkali diiringi dengan perkembangan adopsi layanan cloud yang semakin meluas. Namun, di sisi lain perusahaan tidak memiliki pengetahuan tentang cloud yang cukup memadai untuk mengimbanginya.  

Managed cloud service provider menghadirkan ahli cloud untuk membantu pengelolaan cloud. Dengan menyerahkan semuanya ke managed cloud service provider, bisnis bisa lebih fokus pada proses dan keberlangsungan operasionalnya. Selain itu, dari sisi biaya dan waktu pun akan jauh menjadi lebih efisien. Pun, produktivitas karyawan bisa lebih meningkat. 

Cara Memilih Managed Cloud Service Provider

Memilih managed cloud service provider harus dilakukan dengan seksama, mengingat perannya sangat berdampak vital terhadap keberlangsungan dan keberhasilan operasional bisnis. Simak apa saja cara yang bisa dilakukan bisnis dalam memilih managed cloud service provider yang tepat. 

Cek Kebutuhan Bisnis

Tinjau kembali infrastruktur IT bisnis Anda, karena hal ini akan membantu Anda untuk menganalisis terkait apa saja hal yang menjadi kebutuhan bisnis dalam memilih managed cloud service provider. 

Dokumentasikan jumlah, jenis server, komputer, serta jaringan yang dimiliki perusahaan. Tak cuma itu, cek juga layanan cloud yang dipakai seperti Dropbox, Office 365, Google Docs, serta aplikasi berbasis cloud lainnya. 

Tentukan Layanan yang Diinginkan

Setelah melakukan pengecekan, Anda harus menentukan layanan yang dibutuhkan dari managed cloud service provider. Sejatinya, managed cloud service provider harus bisa menghadirkan layanan yang lengkap seperti berikut. 

Perawatan hardware 

Instalasi software, pengelolaan update dan maintenance 

Performa diagnosis dan problem solving tingkat jarak jauh 

Sistem keamanan yang kuat serta data backup and recovery 

Monitor performa secara remote dari jaringan bisnis untuk deteksi masalah 

Help desk yang harus tersedia 24/7 

Dukungan untuk segala jenis bagian berbasis cloud 

Cek SLA

Cek kembali Service Level Agreement (SLA) atau perjanjian tingkat layanan untuk meninjau hal-hal seperti berapa banyak jumlah downtime yang bisa diterima dan ditangani managed cloud service provider, serta seberapa jauh mereka dapat bertanggung jawab menggelontorkan biaya untuk kompensasi jika ada masalah yang terjadi. 

Manfaat Managed Cloud Service

Selain perusahaan bisa fokus pada proses dan keberlangsungan bisnis, menggunakan managed cloud service memiliki sejumlah manfaat lain. Apa saja? 

Hemat Biaya

Menggunakan managed cloud service jelas akan membantu perusahaan menghemat biaya, karena Anda tak akan lagi bertanggung jawab terhadap pengeluaran biaya pengelolaan dan tenaga ahli dalam mengendalikan infrastruktur cloud. Anda hanya perlu sedikit mengeluarkan biaya untuk managed cloud service provider yang digunakan. 

Upgrade Otomatis

Anda akan dibebaskan dari sulitnya untuk tetap membuat jaringan bisnis selalu update, karena managed cloud service akan melakukan upgrade otomatis pada infrastruktur Anda sesuai kebutuhan. 

Disaster Recovery 

Managed cloud service provider dapat membantu proses disaster recovery perusahaan Anda untuk meminimalisir jumlah downtime di tengah berlangsungnya musibah, sehingga Anda tetap bisa menjaga dan memulihkan data penting yang dibutuhkan. 

Keamanan Jaringan

Keamanan cloud dan jaringan adalah hal yang kompleks dan membutuhkan ahli dengan kemampuan khusus. Namun dengan managed cloud service provider, Anda akan mendapatkan bantuan tim IT terbaik untuk tetap menjaga jaringan cloud Anda aman dan mencegahnya dari berbagai jenis ancaman serangan siber. 

Respons Cepat

Tim ahli IT yang ada di managed cloud service provider selalu siap membantu bisnis Anda kapan pun dan di mana pun selama 24/7 nonstop untuk mengatasi berbagai jenis isu cloud yang dialami. 

Infrastruktur yang Diandalkan

Mengatur infrastruktur jaringan adalah proses yang kompleks dan memakan waktu. Dengan managed cloud service provider, Anda akan mendapatkan ketahanan dan keandalan dari infrastruktur cloud terbaik. 

Kontrol Terpadu

Menggunakan managed cloud service untuk mendukung infrastruktur cloud memastikan bahwa seluruh kontrol Anda berada dalam satu lokasi, sehingga menyederhanakan administrasi dan dukungan jaringan cloud. Kalau pun ada perubahan atau peningkatan jaringan, pasti akan bisa dilakukan secara mudah dan cepat. 

Dapatkan Solusi Managed Cloud Service dari JEDI

JEDI Solutions menawarkan layanan managed cloud service untuk membantu perusahaan Anda membangun infrastruktur di cloud, sehingga Anda bisa lebih fokus pada inti proses operasional bisnis dan hal penting lainnya. 

Jika Anda sudah memiliki infrastruktur cloud, berencana untuk migrasi ke cloud, atau justru ingin membuat cloud yang baru, JEDI akan membantu Anda mencari solusi terbaik, skalabel dan fleksibel.   

JEDI didukung tenaga ahli tersertifikasi di berbagai produk dan solusi, monitoring dan management selama 24/7, advanced response untuk ancaman siber serta data center yang mampu diintegrasikan di berbagai industri. Untuk solusi lengkap JEDI lainnya, Anda bisa langsung menghubungi kami di marketing@jedi.id. 

 

Penulis: Jeko Iqbal Reza 
Content Writer CTI Group