jedi-logo (1)

Email: info@jedi.id | Ph: +6221 - 80622255

Kenali Apa itu Managed Service Provider (MSP) & Cara Kerjanya

Managed service provider (MSP) sejatinya bukan hal baru bagi pelaku industri IT. Hanya saja, hal itu masih menjadi hal asing bagi kebanyakan orang awam.

Managed service merupakan solusi yang muncul dari problem perusahaan untuk mengoptimalkan infrastruktur IT agar bisa menawarkan layanan dan pengoperasian yang mampu meringankan workload tim IT.

Menggunakan jasa managed service provider dapat membantu departemen IT untuk mengelola permintaan teknologi bisnis yang tinggi secara efisien dan stabil.

Di samping itu, MSP juga menawarkan sejumlah layanan, bukan hanya manajemen software dan hardware. Sebelum membahas lebih jauh, ketahui lebih lanjut mengenai serba serbi managed service.

Apa itu Managed Service Provider?

Managed Service Provider merupakan perusahaan pihak ketiga (outsource) yang mengelola sistem dan infrastruktur di bidang IT dari jarak jauh dengan model berlangganan tahunan.

Perusahaan MSP menyediakan berbagai layanan untuk keperluan penyediaan dan pengelolaan sumber daya IT, baik berupa software maupun hardware, solusi berbasis cloud, dan sumber daya manusia untuk optimalisasi dan efisiensi bisnis client.

Dalam situsnya, Gartner mendefinisikan MSP sebagai penyedia layanan mulai dari jaringan, aplikasi, infrastruktur, hingga keamanan secara on-premises di data center (hosting) MSP mereka atau di data center milik pihak ketiga.

Istilah MSP sebelumnya diterapkan pada infrastruktur atau layanan yang berpusat pada perangkat, tetapi kemudian diperluas mencakup manajemen, maintenance dan support.

Melakukan outsourcing pengelolaan layanan IT kepada perusahaan yang berpengalaman akan membantu Anda fokus pada tuntutan bisnis tanpa direpotkan dengan masalah dan kendala pada sistem.

Perusahaan MSP akan memberikan layanan milik mereka yang bisa digabungkan dengan layanan milik penyedia lain.

Misalnya, MSP keamanan yang menyediakan admin sistem IaaS cloud milik pihak ketiga.

Di sisi lain, ada juga MSP yang fokus menawarkaan satu vendor atau teknologi yang merupakan penawaran inti milik perusahaan. Banyak juga MSP yang menyertakan layanan dari perusahaan jenis lain.

Bagaimana Cara Kerja MSP?

MSP bekerja dengan menyediakan sistem, infrastruktur, hingga sumber daya manusia yang kompeten, berpengalaman, dan tersertifikasi untuk mengelola, mengawasi, melindungi, dan memecahkan masalah pada jaringan, aplikasi, dan proses yang mungkin terjadi pada sistem IT bisnis Anda.

Peran MSP sangat penting terutama bagi bisnis dengan sumber daya terbatas karena lebih murah dibandingkan membangun infrastruktur secara mandiri.

MSP didukung dengan infrastruktur khusus, sertifikasi industri, sumber daya manusia untuk melakukan pemantauan selama 24/7 dan layanan tambahan lain untuk customer mereka. Tak hanya itu, ada pula MSP yang dilengkapi dengan fasilitas data center berkapasitas sangat besar.

Kenapa Harus Menggunakan MSP?

Seperti yang diutarakan di atas, bisnis yang menggunakan MSP bisa memfokuskan diri pada pengembangan usaha tanpa perlu dipusingkan dan direpotkan dengan kendala pada sistem dan infrastruktur IT.

Kebutuhan infrastruktur dan sumber daya IT dalam perusahaan bisa diserahkan pada tenaga yang kompeten dan bersertifikat.

Di sisi lain, butuh investasi cukup besar dengan tingkat kesalahan dalam membangun departemen IT yang bisa membebani operasional bisnis.

Selain itu, potensi kesalahan yang besar dalam mengelola sumber daya IT juga bisa memicu sejumlah masalah bagi kelangsungan bisnis.

Dalam situasi tersebut, keberadaan MSP menjadi solusi efektif untuk memenuhi kebutuhan IT tanpa perlu menambah staf baru.

Tak hanya itu, MSP juga membantu meningkatkan keamanan karena lebih banyak fleksibilitas dan skalabilitas kepada pelanggan.

MSP juga dapat berinvestasi dalam hal teknologi dan keahlian dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh masing-masing perusahaan, terutama untuk skala kecil dan menengah, sehingga lebih efisien tanpa dan kinerja yang lebih besar.

Mengutip CIO, MSP juga dapat membantu menjembatani kesenjangan bakat terkait sistem warisan.

MSP tidak hanya melatih keterampilan dari karyawan lebih tua yang memiliki basis client besar, sekaligus melatih karyawan muda memiliki keterampilan serupa.

5 Keuntungan Menggunakan MSP

Berikut sejumlah keuntungan yang dinikmati bisnis yang menggunakan MSP untuk solusi IT.

1. Biaya Pemeliharaan Lebih Terjangkau

Pemilihan MSP menjadi pilihan tepat bagi bisnis skala kecil dan menengah karena bisa menghemat biaya konfigurasi, hardware, software, infrastruktur jaringan, SDM, dan perawatan rutin.

2. Efisiensi Meningkat

Sistem infrastruktur sudah dirancang oleh perusahaan penyedia MSP untuk meningkatkan ketahanan usaha serta menurunkan biaya perekrutan tenaga IT. Dengan begitu dana bisa dialokasikan untuk kepentingan lain, bukan infrastruktur IT.

3. Jaminan Keamanan Data

Data yang tersimpan dalam penyedia MSP bisa mengamankan data sensitif secara optimal. Dukungan firewall canggih mampu mendeteksi malware agar sistem keamanan tidak mudah diretas.

4. Dukungan 24/7

Ketika terjadi masalah, termasuk di akhir pekan MSP menawarkan fleksibilitas dukungan bantuan 24/7 on-call.

5. Lebih Fokus pada Bisnis

Mengingat masalah infrastruktur IT sudah ditangani oleh pihak outsourcing sebagai ahli, maka Anda bisa fokus menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Managed Service Provider Terbaik

MSP terbaik sebaiknya menawarkan layanan beragam mulai dari manajemen data center, manajemen jaringan, manajemen mobilitas, manajemen infrastruktur, manajemen back up data dan recovery, manajemen komunikasi, hingga manajemen keamanan.

Kendati demikian, ada beberapa MSP yang memiliki spesialisasi dalam bidang tertentu, misalnya manajemen jaringan atau cloud management, dan lainnya menawarkan semua solusi dalam satu MSP.

Asosiasi MSP Internasional, MSPAlliance mengungkap biasanya MSP menawarkan layanan pusat operasi jaringan, remote monitoring, alat pemantauan, dan kemampuan sevice desk.

Dapatkan Solusi Managed Service Provider dari JEDI

Jedi menawarkan layanan MSP dengan didukung data center sendiri untuk memenuhi kebutuhan bisnis customer.

Jedi Solutions menyediakan beragam layanan mulai dari project management, desain layanan, pemesanan, penyediaan, aktivasi dan pemeliharaan infrastruktur, serta layanan operasional.

Jedi menawarkan solusi keamanan MSP terbaik yang skalabel dan fleksibel, mulai dari Managed SD-WAN, Managed WiFi, Managed Cloud, Managed Infrastructure, Managed Network, Managed Security Devices, IT Operation As a Service, Jedi Data Center & Colocation, dan Technology Consulting.

Bermitra dengan perusahaan teknologi global, Jedi akan membantu bisnis Anda mendapatkan solusi keamanan yang skalabel dan fleksibel.

Jedi didukung tenaga ahli tersertifikasi di berbagai produk dan solusi, monitoring dan management selama 24/7, advanced response untuk ancaman siber serta data center yang mampu diintegrasikan di berbagai industri. Untuk solusi lengkap Jedi lainnya, Anda bisa langsung menghubungi kami di marketing@jedi.id.
Penulis: Ervina Anggraini 

Content Writer CTI Group 

Latest Post

Daftar Isi