Di tengah gempuran transformasi digital, satu keputusan salah bisa berujung fatal bagi bisnis Anda,termasuk jika keliru memilih mitra IT. Dulu, mitra IT hanya dianggap sebagai vendor penyedia layanan teknis.
Namun kini, mereka telah menjelma menjadi penopang utama strategi dan kelangsungan bisnis. Bahkan menurut Gartner lebih dari 60 persen kegagalan proyek digital disebabkan oleh lemahnya kolaborasi dengan mitra IT yang tepat.
Bayangkan jika bisnis Anda seperti sebuah mobil otonom, dibekali teknologi dan data adalah otaknya, tapi siapa yang menjaga arah dan kestabilannya? Jawabannya adalah mitra IT Anda. Mereka seperti sistem autopilot yang terus menjaga performa, keamanan, dan kelincahan bisnis Anda di jalur yang benar meski kondisi ‘jalanan’ dipenuhi ancaman siber, disrupsi teknologi, hingga tekanan kompetitor.
Tanpa mitra IT yang cerdas, Anda seperti sedang berkendara dengan mata tertutup. Hanya menunggu waktu sampai bencana menimpa dari arah yang tak terduga.
Mengapa Mitra IT yang Cerdas Penting untuk Menyelamatkan Bisnis Anda?
Di era digital seperti sekarang, mitra IT bukan lagi pendukung tetapi telah menjadi game changer yang dapat membantu bisnis membuat keputusan strategis dengan lebih gesit, tepat sasaran, dan selalu selangkah lebih maju dari pesaing. Berikut empat alasan utamanya.
1. Membantu Perusahaan Fokus pada Core Business
Banyak perusahaan yang mengakui bahwa memiliki mitra IT yang kompeten dapat membantu mereka lebih fokus pada aktivitas inti dan mendorong inovasi produk. Laporan Deloitte 2023 Global Outsourcing Survey mengungkap, 65 persen organisasi global memilih bermitra dengan penyedia IT agar dapat memusatkan perhatian pada strategi bisnis utama dan meningkatkan keunggulan kompetitif, alih-alih terbebani pada urusan operasional IT seperti patching, maintenance, dan update teknologi.
2. Optimalkan Efisiensi Biaya dan Operasional
Mitra IT yang cerdas dapat memberikan pendekatan berbasis otomasi, cloud, dan AI untuk menignkatkan efisiensi proses bisnis. Laporan McKinsey menyebutkan bahwa transformasi digital yang didukung mitra strategis dapat meningkatkan efisiensi operasional hingga 30 persen dan mempercepat time-to-market produk baru. Kolaborasi ini dapat membantu perusahaan memanfaatkan teknologi terbaru tanpa harus berinvestasi besar untuk membangun dan mengelola infrastruktur sendiri.
3. Memberikan akses ke Teknologi Terbaru dan Expertise
Mitra IT profesional yang berpengalaman dapat menyediakan teknologi terbaru hingga memberikan insight industri dan best practise yang terbukti efektif. Hal ini dapat membantu bisnis lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan tren, ancaman siber terbaru, dan peluang pasar yang muncul. Gartner menggarisbawahi bahwa 64 persen organisasi yang menggandeng mitra IT strategis dapat mempercepat inovasi berkat transfer keahlian dan pembaruan teknologi yang lebih konsisten.
4. Meningkatkan Keamanan dan Kepatuhan
Tantangan kamanan siber dan tuntutan kepatuhan semakin kompleks, terutama regulasi data yang ketat seperti GDPR dan UU PDP. Mitra IT yang cerdas dapat membantu memastikan infrastruktur IT Anda sesuai standar, memantau ancaman secara proaktif, dan menyediakan solusi Disaster Recovery yang andal. Pendekatan ini dapat melindungi data bisnis, sekaligus menjaga reputasi perusahaan di mata pelanggan, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan.
Bagi Anda yang saat ini sedang mencari mitra IT andal, tepercaya, dan profesional, Jedi Solutions jawabannya! Berdiri sejak 2018, Jedi menyediakan serangkaian solusi andal untuk berbagai masalah IT perusahaan Anda.
Solusi Lengkap dari Jedi Solutions
Jedi Solutions hadir dengan berbagai solusi lengkap, mulai dari Managed Services Provider (MSP), Jedi Process Automation (JPA), Jedi Communication Platform (JCP), IT audit & consultation, IT Operations as a Service, dukungan tim IT bersertifikat 24/7, hingga data center collocation yang dapat mendukung kebutuhan bisnis Anda.
Jedi Process Automation (JPA)
Jedi Process Automation (JPA) didukung teknologi Cognitive Automation dapat menyderhanakan operasional bisnis di seluruh departemen. Platform inovatif JPA didukung AI dan otomatisasi proses robotik dapat mengotomatiskan berbagai tugas, meningkatkan produktivitas, dan mendorong efisiensi berbagai organisasi. Dari departemen keuangan hingga layanan pelanggan, JPA dapat memastikan bisnis Anda selalu terdepan dengan mengurangi kesalahan dan mendorong pertumbuhan.
Jedi Communication Platform (JCP)
JCP adalah solusi yang memadukan Communication Platform as a Service (CPaaS) dan Software as a Service (SaaS) yang dirancang untuk menyederhanakan cara bisnis Anda berkomunikasi dengan customer lewat otomatisai. Proses ini dapat meningkatkan efisiensi operasional dan efektivitas budget dengan integrasi andal yang dapat diakses melalui single dashboard. Bisnis dapat melakukan personalisasi omnichannel mulai dari interaksi awal hingga after sales support. Pendekatan holistik ini mengintegrasikan berbagai kanal secara seamless untuk menyampaikan pesan dan layanan sehingga dapat memaksimalkan kepuasa, loyalitas, dan value customer.
Managed Services & 24/7 Support
Sebagai perusahaan Managed Services, Jedi hadir untuk memastikan operasional bisnis skala kecil, menengah, hingga besar tetap lancar dan terhindar dari masalah IT maintenance. Dapatkan kemudahan untuk menyederhanakan kompleksitas IT mulai dari layanan Managed SD-WAN, Managed Wi-Fi, Managed Cloud, Managed Infrastructure, Managed Network, hingga Managed Security Devices secara proaktif 24/7 untuk memastikan operasional bisnis berjalan optimal dan siap menghadapi inovasi yang dinamis.
Data Center Collocation
Jedi Data Center Collocation adalah fasilitas teknologi tinggi terintegrasi, carrier neutral, dan dikembangkan untuk mendukung solusi Managed Service. Data center kami menawarkan infrastruktur mutakhir, utilitas tangguh, serta keamanan dan server tingkat tinggi yang terkontrol dengan cermat untuk mengoptimalkan kinerja server, meminimalkan biaya, dan membantu Anda memantau seluruh sistem. Tim konsultan sistem dan staf teknis dapat memberikan saran serta dukungan cerdas kapan pun dibutuhkan. Kami juga memastikan pengalaman konsisten dan berkualitas bagi seluruh customer berkat sertifikasi ISO 27001, ISO 27000-1, PCI DSS, dan TIER III Design yang dapat memberikan keamanan selama 24/7 dengan tim keamanan on-site.
IT Operations as a Service
Pertumbuhan bisnis tentu akan diiringi oleh kemampuan infrastruktur IT yang terus berkembang, termasuk server, storage, virtual machine, dan cloud yang semakin menantang. IT Operations as a Service dirancang untuk meningkatkan dan memperluas kapabilitas tim IT, sehingga mereka dapat fokus pada inovasi dan memberikan nilai bisnis. Jedi IT Operations as a Service akan menangani aktivitas update security patch, melakukan backup, dan monitoring berkelanjutan yang terstandar, berulang, dan terukur dengan memanfaatkan best practise industri dan pengetahuan teknis internal yang mendalam. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi gangguan IT secara drastis, meningkatkan waktu penyelesaian masalah, dan memaksimalkan nilai investasi IT.
IT Audit & Consulting
Solusi layanan IT Audit & Consulting dapat membantu organisasi Anda melindungi sistem informasi, sekaligus menjaga kepatuhan terhadap persyaratan peraturan, dan memberikan wawasan tentang cara memanfaatkan IT management untuk memangkas biaya dan unggul dalam kompetisi bisnis. Jedi akan memberikan panduan dari profesional IT terakreditasi yang berpengalaan dalam IT audit & consultation sesuai standar ISO 27001, IS) 20000-1, PCI-DSS, dan IT Management Audit sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) dan Peraturan Bank Indonesia. Tim Jedi juga dapat memberikan layanan konsultasi penerapan tata kelola IT sesuai standar ISO, PCI DSS, dan IT Risk Management sesuai standar POJK.
Jedi IT Audit & Consulting untuk ISO 27001:2022
Jedi Solutions melalui Jedi IT Audit & Consulting siap membantu Anda memberikan pendampingan untuk mendapatkan sertifikasi ISO 27001:2022, sekaligus mendukung keamanan informasi organisasi dalam jangka panjang. Jedi siap membantu organisasi Anda lebih relevan dengan ancaman keamanan informasi lewat struktur kontrol keamanan yang lebih ringkas dan terorganisir.
Dirilisnya ISO 27001:2022 membuat organisasi yang telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk segera melakukan transisi, di mana batas waktu migrasi hingga 31 Oktober 2025 dengan masa transisi selama tiga bulan untuk menyesuaikan ISMS. Jika dibandingkan versi sebelumnya, ISO 27001:2022 memiliki sejumlah perubahan utama, meliputi.
Perubahan pada Annex A
Jumlah kontrol keamanan dikurangi dari 114 menjadi 93, dengan pengelompokkan ulang ke dalam empat kategori utama.
Kalusul 6.3: Perencanaan Perubahan
Organisasi kini wajib memastikan bahwa setiap perubahan dalam ISMS dilakukan secara terancana dan terdokumentasi untuk meminimalkan risiko akibat perubahan mendadak.
Atribut Kontrol Diperbarui
ISO 27001:2022 memperkenalkan atribut kontrol baru untuk memudahkan klasifikasi dan pengelompokkan kontrol keamanan berdasarkan faktor seperti jenis ancaman, aspek bisnis, dan teknologi yang digunakan.
Penyelarasan dengan ISO 27002:2022
Pembaruan dalam Annex A kini disesuaikan dengan ISO 27002:2022, yang membuat panduan kontrol keamanan menjadi lebih konsisten dan relevan terhadap ancaman modern.
Mulai Langkah Cerdas Bersama Jedi Solutions sebagai Mitra IT Tepercaya
Jedi Solutions sebagai mitra IT tepercaya menawarkan solusi lengkap untuk membantu bisnis memulai langkah cerdas di era digital yang semakin kompetitif. Sebagai bagian dari CTI Group, Jedi Solutions siap menjadi mitra IT yang mengedepankan keamanan data di setiap langkah proses sertifikasi dan implementasi solusi IT pada bisnis Anda.
Kai siap menjadi mitra IT yang mengedepankan keamanan data, kenyamanan, dan efisiensi di setiap langkah proses sertifikasi dan implementasi layanan IT. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim kami secara GRATIS dan temukan solusi terbaik untuk mempercepat proses sertifikasi ISO 27001:2022 atau layanan lainnya. Hubungi kami melalui tautan ini untuk memulai langkah cerdas bersama Jedi sebagai mitra IT tepercaya.
Penulis: Ervina Anggraini – Content Writer CTI Group








