Email: info@jedi.id | Ph: +6221 - 80622255

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
JEDI Care

Mengapa Observabilitas Jadi Kunci Kesuksesan Operasional IT? Cek Penjelasannya

observabilitas new relic JEDI

Observabilitas menjadi salah satu investasi penting yang perlu dilakukan oleh bisnis di era digital. Bukan tanpa alasan, observabilitas secara proaktif mendorong bisnis meningkatkan efisiensi, keamanan, dan profitabilitas lebih besar. 

Laporan Observability Forecast 2023 yang dirilis oleh New Relic menemukan bahwa observabilitas dapat memberikan insight agar bisnis lebih memahami kebiasaan pengamatan dan dampaknya terhadap pendapatan dan biaya yang dikeluarkan perusahaan. Nah, di artikel kali ini Jedi akan membongkar empat temuan terkait laporan di atas mengenai penggunaan observabilitas bagi bisnis. 

1. Value Bisnis dan ROI

Observabilitas menjadi langkah strategis untuk meningkatkan profitabilitas dan value bisnis. Hal itu lantaran observabilitas dapat mengurangi downtime, tingkatkan metrik layanan, penghematan biaya operasional, dan meningkatkan pendapatan bisnis. 

Responden yang terlibat dalam survei menunjukkan ROI tahunan rata-rata meningkat dua kali lipat. Sementara 86 persen responden menegaskan value bisnis yang mereka dapatkan dari investasi pada observabilitas, dengan 41 persen di antaranya lebih dari US$1 juta dalam total value tahunan. 

Di sisi lain, bisnis tanpa observabilitas justru menghabiskan biaya operasional lebih tinggi dan kehilangan pendaptan signifikan akibat mengalami downtime. Responden mengakui manfaat observabilitas dengan 40 persen peningkatan waktu aktif dan agility sistem, 38 persen peningkatan efisiensi operasional, dan 27 persen peningkatan pengalaman pengguna. 

2. Kemampuan Full-Stack Monitoring

Bisnis perlu memiliki kemampuan untuk memantau full-stack secara komprehensif untuk mempercepat transformasi digital. Full-stack monitoring terbukti meningkat 58 persen dari tahun ke tahun (YoY). Pada pertengahan 2026 nanti, 82 persen responden berharap bisnis mereka dapat menerapkan 17 kemampuan observabilitas yang berbeda. 

Semakin cepat adopsi full-stack monitoring, maka semakin besar pula value yang didapatkan oleh bisnis. Perusahaan yang memiliki lima atau lebih kemampuan observabilitsas mencatat 82 persen lebih mungkin mengantongi lebih dari US$1 juta pendaptan tahunan. 

Bisnis yang mengadopsi full-stack monitoring juga meningkatkan metrik layanan, terutama waktu rata-rata untuk resolusi (MTTR) dan waktu rata-rata untuk deteksi (MTTD). Responden  yang menggunakan lebih dari lima kemampuan observabilitas mencatat 40 persen lebih mampu mendeteksi downtime yang dapat memengaruhi bisnis dalam 30 menit atau kurang, dibandingkan mereka yang hanya menggunakan satu hingga empat fungsi. 

Menariknya, perusahaan dengan full-stack monitoring menghabiskan biaya downtime rata-rata US$6,17 juta per tahun, jauh lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak menggunakan solusi serupa karena harus merogoh US$9,83 juta. 

3. Meningkatnya Performa dan Produktivitas

Semakin banyak bisnis yang mengandalkan kemampuan observabilitas untuk meningkatkan efisiensi, percepat inovasi, agility, dan memenuhi permintaan customer terhadap layanan di era digital. Bagi perusahaan, observabilitas menjadi tool untuk mendorong produktivitas dan mempercepat deteksi serta mengatasi masalah. Sementara untuk tim IT, observabiltias menjadi aset untuk mencapai KPI bisnis dan teknis.  

4. Tingginya Biaya yang Dihabiskan Jika Abaikan Observabilitas

Studi yang sama juga menemukan bahwa 96 persen respons yang mengakui tidak menggunakan solusi observabilitas secara signifikan merasakan pengaruh pada pendapatan perusahan. Sekitar tiga dari 10 (29 persen) responden mengeluhkan biaya operasional lebih tinggi seiring dengan meningkatkan operasional. Diikuti dengan 23 persen responden yang mengakui alami penurunan pendapatan karena meningkatnya downtime. 

Hanya tiga persen responden yang mengaku bahwa absennya solusi observabilitas tidak berpengaruh apa pun pada pendapatan perusahaan. Padahal, tak dipungkiri bahwa observabilitas memegang peranan penting untuk operasional bisnis modern di era digital. 

Baca Juga: Serba-Serbi Jaringan 5G untuk Percepat Transformasi Bisnis 

Mulai Investasi dalam Observabilitas dengan New Relic

Setelah mengetahui serangkaian manfaat yang didapatkan dengan mengadopsi tool observabilitas, kini saatnya Anda mengalokasikan investasi untuk solusi canggih ini. New Relic menghadirkan solusi observabilitas, berupa Full Stack Application Monitoring dengan serangkaian keunggulan berikut. 

Full-Stack Monitoring

Pemantauan end-to-end dari aplikasi hingga seluruh infrastruktur, termasuk tingkat kode, server, database, dan cloud agar Anda mendapat pemahaman menyeluruh dan dapat mengoptimalkan full-stack. 

Monitoring dan Alert Real-time

Data dan insight real-time sehingga Anda dapat lebih mudah mendeteksi dan merespons berbagai masalah yang terjadi. Fitur notifikasi dan pengngat membantu tim IT membuat tindakan dengan lebih cepat. 

Insight Didukung AI

Analisis data dan dapatkan insight mendalam dengan dukungan teknologi AI untuk mendeteksi anomali perilaku dan mendapatkan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja aplikasi. 

User-centric Monitoring

Pengguna dapat memahami pengalaman end-user, identifikasi masalah yang berpotensi memengaruhi pengguna, hingga meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan. 

Fleksibel dan Scalable

Pantau aplikasi dan infrastruktur untuk berbagai skala bisnis dari industri apa pun, sehingga dapat mengakselerasi perkembangan dan pertumbuhan bisnis tanpa mengorbankan kinerja. 

Plugin Ecosystem

Ekosistem plugin yang lengkap sehingga pengguna dapat mengintegrasikannya dengan berbagai tool dan layanan yang selama ini digunakan. 

Visualisasi dan Pelaporan Berbasis Data

Dapatkan berbagai jenis visualisasi data dan pelaporan untuk lebih memudahkan Anda dalam memahami kinerja aplikasi dan mengambil keputusan berdasarkan data. 

Keamanan dan Compliance

New Relic telah mematuhi standar keamanan dan regulasi industri untuk memberikan jaminan tambahan bahwa data dan sistem pengguna aman. 

Mudah Digunakan dan On-boarding

Dirancang agar mudah digunakan dengan UI intuitif dan proses deployment cepat sehingga pengguna bisa langsung memaksimalkan value New Relic untuk mendorong pertumbuhan bisnis. 

Dukungan Komunitas

Didukung komunitas yang aktif dan sumber daya yang powerful, termasuk dokumen, forum, dan layanan pelanggan untuk membantu Anda memecahkan berbagai masalah dan memaksimalkan solusi observabilitas New Relic. 

Saatnya mulai implementasikan solusi observabilitas New Relic secara komprehensif pada bisnis Anda bersama Jedi Solutions. Dengan tim IT bersertifikat, profesional, dan kompeten di bidangnya, Jedi akan membantu mempersingkat proses dan waktu implementasi solusi New Relic, sekaligus mengoptimalkan kinerja, mendeteksi masalah dengan cepat, dan melakukan analisa mendalam terhadap jaringan dan sistem bisnis Anda. Dukungan jaringan Jedi Care selama 24/7 akan memastikan implementasi solusi New Relic berjalan lancar dan aman tanpa kendala. Tertarik memulai implementasi observabilitas New Relic? Hubungi kami di link ini. 

Penulis: Ervina Anggraini – Content Writer CTI Group 

Latest Post

Daftar Isi