Managed SD-WAN: Ketahui Manfaat dan Keunggulannya untuk Bisnis Anda

Sep 21, 2021
Managed_SD-WAN.png

Bisnis yang semakin besar tentu memiliki biaya operasional yang tinggi, termasuk untuk kebutuhan infrastruktur di kantor pusat dan cabang. Untuk membantu menekan biaya dan membuat jalur trafik tetap aman, Anda bisa menambahkan teknologi SD-WAN (software-defined wide area network). 

SD-WAN memungkinkan bisnis menggunakan bandwidth secara efisien dengan kemudahan mulai dari arsitektur, instalasi, hingga operasional. Disamping itu, SD-WAN menjadi solusi keamanan lengkap yang memungkinkan berbagi bandwidth antara beberapa koneksi untuk menurunkan latensi dan meningkatkan kinerja, peningkatan kinerja aplikasi dan pengalaman pengguna. 

SD-WAN memudahkan bekerja hybrid lewat kemudahan, fleksibilitas, dan mengedepankan keamanan siber. Lantas, apa itu SD-WAN dan apa saja keunggulan dan manfaatnya untuk bisnis Anda? 

Apa Itu SD-WAN?

SD-WAN adalah bentuk aplikasi spesifik dari teknologi SDN (software-defined network) yang diaplikasikan pada koneksi WAN (wide area network) untuk menghubungkan jaringan perusahaan, termasuk kantor cabang dan data center yang terpisah secara geografis. SD-WAN merupakan teknik untuk menggunakan software yang membuat jaringan area luas lebih cerdas dan fleksibel untuk mengontrol operasional jaringan. 

Teknologi SD-WAN akan membantu meringankan kompleksitas dengan zero touch provisioning yang mampu mengatasi risiko human error. Biasanya, SD-WAN dimulai dengan menghubungkan site langsung ke internet melalui tautan broadband sehingga semua trafik tidak kembali ke kantor regional melalui private line. 

Konfigurasi dan kebijakan akses dikelola secara terpusat dan mudah diterapkan di semua situs, menghilangkan kebutuhan untuk mengelola setiap perangkat WAN secara manual. Dengan begitu, proses manajemen dan operasional WAN dipisahkan dari mekanisme kontrol dan hardware jaringan. SD-WAN memungkinkan perusahaan menghubungkan jaringan kantor cabang dan pusat dengan memanfaatkan kemampuan internet dan cloud bersama. 

SD-WAN dapat membantu jaringan wide area menangani trafik jaringan dengan protokol tertentu sambil menyediakan UI intuitif bagi pengguna. Selain itu, teknologi ini juga mendukung fitur firewall gateway, membantu redundansi, backup dan recovery, serta pemecahan masalah. 

Mengapa Managed SD-WAN Penting?

Tim IT kerap menghadapi sejumlah tantangan di tengah transformasi digital bisnis, mulai dari cara mengoptimalkan kinerja jaringan tanpa terjebak downtime yang justru merugikan bisnis, meningkatkan hardware, dan mengkonfigurasi ulang jaringan berulang kali. Tantangan tersebut membuat bisnis butuh solusi IT yang gesit dan fleksibel. 

Selain itu, solusi IT juga harus mudah diterapkan, terukur, dan memenuhi kebutuhan bisnis yang berkembang untuk menjaga reputasi dan keuntungan bisnis. SD-WAN memiliki kemampuan tersebut untuk menjaga skalabilitas dan keamanan bagi bisnis. Hal ini menjadikan SD-WAN sebagai solusi jaringan paling populer yang saat ini tersedia. 

5 Keunggulan Managed SD-WAN

Mengutip Forcepoint, berikut lima keunggulan SD-WAN untuk mengatasi masalah IT bagi bisnis Anda.

Biaya Konektivitas Lebih Rendah

Biaya operasional menjadi lebih rendah dengan beralih dari MPLS (Multiprotocol Label Switching) ke SD-WAN sehingga memungkinkan kantor cabang dengan koneksi sederhana menjadi lebih baik dengan biaya yang lebih rendah dengan beralih ke broadband seperti serat, kabel, DSL, hingga teknologi seluler. 

Performa Lebih Baik untuk Aplikasi Cloud

Waktu failover rata-rata perubahan routing pada router hanya butuh 1 detik dengan jalur baru yang dapat ditambahkan sehingga lebih cepat dan mudah ke situs yang membutuhkan kapasitas lebih besar. SD-WAN mengurangi hambatan dan penundaan dengan menghubungkan situs langsung ke internet. 

Multiple Link Resilience

SD-WAN memungkinkan banyak tautan dari ISP yang berbeda (multiple link resilience) dapat digunakan sehingga menghilangkan satu titik kegagalan yang dapat membuat jaringan terputus. 

Lebih Lincah

Saat membuka kantor cabang baru, SD-WAN memudahkan Anda mengatur jaringan yang aman dan andal dengan cepat dengan menggunakan ISP apa saja yang paling sesuai di lokasi berbeda berkat teknologi zero touch provision. Failover time saat ada perpindahan dari satu link ke link lain hampir tidak terasa dengan teknologi LInk Steering/ Dynamic Multipatch Optimization (DMPO). 

Optimized Use of Resources

SD-WAN memungkinkan Anda untuk menetapkan aplikasi utama secara cerdas ke berbagai tautan, termasuk jalur internal dan koneksi internet sehingga bisa memberikan jaminan Quality of Service (QoS) yang berbeda. Cara ini memungkinkan Anda menerapkan sumber daya yang tepat di setiap situasi untuk memaksimalkan kinerja dan produktivitas serta memungkinkan pemanfaatan sumber daya jaringan lebih besar saat proses migrasi data lintas kantor. 

Manfaat SD-WAN

Saat ini banyak bisnis hingga lembaga pemerintah telah menggunakan SD-WAN untuk mengurangi hingga menghilangkan ketergantungan pada MPLS yang lambat dan mahal. Salah satu perbedaan signifikan SD-WAN yakni dari segi performa yang mengalami peningkatan dibandingkan WAN tradisional. Disamping itu, SD-WAN akan membantu menurunkan biaya operasional menjadi lebih efisien.

Dibandingkan WAN lama, SD-WAN memiliki performa lebih tinggi sehingga mengurangi beban penundaan ketika menghubungkan situs ke internet. Teknologi zero-touch deployment memungkinkan provisi kantor cabang lebih cepat, konfigurasi sederhana, orkestrasi dan pemantauan yang tersentralisasi. 

SD-WAN juga mengakomodir berbagai koneksi, perangkat, dan layanan untuk dioperasikan dengan solusi yang sudah ada. Solusi ini juga dilengkapi pemantauan yang terintegrasi dan visibilitas pada berbagai koneksi WAN dan penyedia layanan, termasuk aplikasi pada jaringan hybrid hingga cloud. Dengan begitu organisasi bisa memantau trafik secara realtime ketika terjadi brownout. 

Perbedaan WAN dan SD-WAN

Sejumlah bisnis dan lembaga pemerintahan dalam beberapa tahun lalu ingin meningkatkan lingkungan WAN dengan melakukan investasi besar pada link jaringan khusus, peralatan jaringan, dan keahilan khusus. Tak hanya itu, mereka juga masih harus menghabiskan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu untuk mengonfigurasi tools agar berfungsi dengan baik di jaringan yang mereka gunakan.

Berbeda dengan SD-WAN yang memungkinkan organisasi menggunakan ISP apa pun di setiap lokasi, sehingga tak perlu membayar mahal untuk teknologi spesifik seperti MPLS yang disediakan oleh penyedia telekomuikasi. Menariknya, tidak sedikit solusi SD-WAN yang telah menggabungkan dan sesuai dengan teknologi koneksi dan ISP yang berbeda tanpa mengorbankan kinerja jaringan di setiap site. 

Konfigurasi di semua lokasi kantor cabang juga dapat dilakukan secara terpusat, tanpa mengurangi kebutuhan untuk mengedit setting file secara manual di masing-masing perangkat. Sementara itu, administrator memiliki visibilitas penuh di setiap jaringan sehingga dapat memahami apa yang terjadi dan lebih cepat merespons saat terjadi insiden dan potensi masalah. 

Dapatkan Solusi Managed SD-WAN dari JEDI

JEDI Solutions menawarkan solusi Managed SD-WAN untuk menghubungkan jaringan perusahaan, termasuk kantor cabang dan data center yang terpisah secara geografis. Dengan menggunakan Managed SD-WAN dari JEDI, Anda dapat meningkatkan efisiensi, kemudahan, dan keamanan tinggi. 

Managed SD-WAN memungkinkan Anda terhubung dengan aplikasi di kantor cabang dan data center dengan aman lewat dukungan arsitektur terpusat dan berbasis cloud. Dengan begitu, Anda terbebas dari kerumitan menyiapkan dan mengelola SD-WAN, JEDI menyatukan berbagai teknologi akses, termasuk IPVPN dan internet dengan jaringan SDN untuk merutekan trafik di sepanjang jalur terbaik yang tersedia. 

JEDI didukung tenaga ahli tersertifikasi di berbagai produk dan solusi akan membantu Anda mencari solusi terbaik, fleksibel, dan skalabel. Proses monitoring dan management selama 24/7, advanced response untuk ancaman siber serta data center yang mampu terintegrasi di berbagai industri. Untuk solusi lengkap JEDI lainnya, Anda dapat menghubungi kami di marketing@jedi.id. 

 

Penulis: Ervina Anggraini 
Content writer CTI Group