Catat! Ini 5 Tips Memilih Konsultan IT yang Ideal

Jul 19, 2022
konsultan_IT_JEDI_(1).jpg

Konsultan IT kini menjadi salah satu jasa layanan paling populer yang digunakan banyak bisnis. Bagaimana tidak, peran konsultan IT bagi perkembangan perusahaan dinilai begitu penting, karena ketergantungan perusahaan pada teknologi digital yang semakin besar.

Namun realitanya, di luar sana masih banyak bisnis yang belum memanfaatkan jasa konsultan IT. Mereka yang belum menggunakan konsultan IT berasal dari perusahaan di berbagai skala dan industri. Bahkan, tak sedikit dari perusahaan ini yang masih memandang kalau IT merupakan salah satu hal yang “berat” untuk dikelola, karena bisa memakan pengeluaran besar dan kurang memberikan dampak langsung. Hal tersebut justru memicu kesulitan dan tantangan untuk berinovasi lebih baik.

Konsultan IT memang selayaknya dibutuhkan bagi bisnis yang ingin mengembangkan infrastrukturnya, agar mereka dapat menciptakan layanan lebih optimal, memudahkan operasional, dan tentunya lebih fokus pada inovasi. Jika Anda ingin mencari konsultan IT, baca dulu serba-serbinya dan apa saja manfaat yang diberikan untuk keberlangsungan bisnis Anda di artikel berikut ini.

Siapa Itu Konsultan IT?

Konsultan IT adalah seseorang yang berperan untuk membantu bisnis dalam mengelola sistem/teknologi/infrastruktur IT mereka. Pengelolaan ini termasuk bantuan untuk mengatasi isu-isu teknis, serta meningkatkan performa IT. Standarnya, seorang konsultan IT harus memiliki keahlian komunikasi yang baik, skill untuk berorganisasi, dan tentunya berwawasan luas dalam pengetahuan teknologi.

Dalam operasionalnya, konsultan IT akan bekerja untuk klien mereka dalam memberikan input berupa saran dan masukan ketika mengelola dan memanfaatkan teknologi. Input ini tentu bertujuan untuk memenuhi tujuan sebuah bisnis, atau juga mengatasi masalah-masalah yang berlangsung.

Apa Manfaat Konsultan IT untuk Bisnis Anda?

manfaat konsultan IT

Tentu ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan bisnis ketika menggandeng konsultan IT. Berikut beberapa di antaranya.

1. Fokus untuk Berinovasi

Jika tidak menggunakan konsultan IT, bisnis akan kelimpungan menangani berbagai masalah yang terjadi dalam infrastruktur. Akibatnya, mereka akan kehilangan waktu untuk berinovasi. Hal ini tidak akan dialami jika mereka memanfaatkan konsultan IT, karena masalah-masalah tersebut bisa diatasi langsung dengan cepat dan efektif.

2. Efisiensi dari Konsultan IT Berpengalaman

Mempelajari infrastruktur IT bukanlah hal yang mudah. Anda harus menghabiskan waktu yang lama untuk bisa memahami seluruh komponen secara detail. Jika Anda menggunakan konsultan IT, Anda akan sangat terbantu untuk belajar lebih cepat. Pasalnya, konsultan IT sudah pasti memiliki pengalaman yang lebih lama, belum lagi pengetahuan mereka terkait teknologi pasti lebih luas. Menangani masalah yang berlangsung pun tak akan menjadi isu besar bagi mereka.

3. Biaya Lebih Hemat

Ketimbang investasi besar-besaran dalam membangun tim IT sendiri, bisnis bisa memanfaatkan jasa konsultan IT, yang mampu menghemat biaya mulai dari kisaran 25 persen hingga 50 persen. Dengan biaya yang lebih hemat, pengeluaran lain pasti akan lebih terkontrol.

4. Produktivitas Lebih Optimal

Konsultan IT memiliki kultur komunikasi terbuka, berbagi informasi serta pengetahuan baru, dan tentunya berkolaborasi dengan karyawan dan tim IT di perusahaan. Dengan kultur positif tersebut, diharapkan juga akan mampu secara optimal mendorong produktivitas bisnis.

5. Resource On Demand

Jika bisnis butuh tenaga konsultasi tambahan untuk mengejar due date seperti peluncuran unit bisnis baru, mereka bisa meminta langsung ke konsultan IT. Dengan demikian, konsultan IT akan lebih banyak mengalokasikan tenaga tambahan. Walau ada biaya ekstra, jumlahnya pasti akan lebih kecil ketimbang bisnis harus menghadapi risiko kemunduran proyek.

Tips Memilih Konsultan IT yang Tepat

tips memilih konsultan IT

Setelah mengetahui apa saja manfaat menggunakan jasa layanan konsultan IT, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan bisnis dalam memilih konsultan IT yang ideal.

1. Cerdas dan Solutif

Carilah konsultan IT yang tak cuma berwawasan luas, tetapi juga cerdas dan solutif dalam mengelola, menciptakan, serta memperbaiki infrastruktur IT secara komprehensif. Solusi dan masukan yang diberikan juga harus tepat dan sesuai dengan permasalahan IT Anda.

2. Cari yang Berpengalaman

Memang, semua konsultan IT pasti sudah berpengalaman, tetapi carilah yang benar-benar “berpengalaman”, di mana pengalaman tersebut tak cuma lama mereka bekerja, tetapi seperti apa konsultan IT ini mampu mengelola dan mengatasi berbagai rangkaian teknologi di sepanjang track record perjalanan karier mereka.

Dalam hal ini, pastikan juga portfolio pengalaman implementasi produk/sistem/aplikasi dari konsultan IT yang berkaitan. Jangan sampai ketika sudah menggunakan jasa konsultan IT, Anda malah mendapatkan dukungan yang tak penuh karena pengalaman mereka juga terbatas.

3. Pastikan Legalitas dan Finansial

Dalam memilih kandidat konsultan IT, pastikan mereka sudah memilik surat izin, seperti CV dan PT untuk memastikan kredibilitas. Tak cuma itu, pastikan pula kemampuan finansial jasa yang hendak digunakan, di mana sebelum menggunakan jasa tersebut, Anda bisa mengetahui laba rugi yang dihasilkan.

4. SDM Kompeten

Carilah konsultan IT dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten di bidangnya, bukan cuma pengalaman dan lama mereka bekerja. Kompetensi ini penting untuk disimak, karena skill mereka lagi-lagi akan disesuaikan dengan kebutuhan IT perusahaan Anda.

5. Pastikan SLA dan Biaya

Pastikan juga Service Level Agreement (SLA) konsultan IT yang hendak digunakan, hal ini perlu dilakukan untuk menjamin kualitas dan dukungan purna jual dari penyedia layanan konsultan IT ke bisnis. Tak sampai di situ, biaya juga harus dipertimbangkan bisnis dalam memilih konsultan IT yang tepat. Pilihlah konsultan IT yang mampu menawarkan berbagai layanan dengan biaya yang masuk akal seperti JEDI Solutions.

Baca Juga: Managed SD-WAN: Ketahui Manfaat dan Keunggulannya untuk Bisnis Anda 

Konsultasikan Kebutuhan IT Anda Bersama JEDI

Anda dapat memanfaatkan layanan konsultan IT bersama JEDI Solutions. Sebagai Managed Service Provider (MSP) dengan data center yang telah dibangun di Indonesia, JEDI menghadirkan layanan konsultan IT bagi Anda yang ingin mengelola atau meningkatkan operasional secara efektif.

Adapun layanan konsultasi IT JEDI meliputi jaringan, server, cloud, security, IT governance, dan masih banyak lagi. Konsultasi ini juga akan dilengkapi langkah yang komprehensif, mulai dari perencanaan, pengembangan hingga implementasi.

Selain konsultasi IT, JEDI juga didukung tenaga ahli tersertifikasi di berbagai produk dan solusi untuk membantu Anda mencari solusi terbaik, fleksibel, dan skalabel. Penerapan solusi kami juga dilengkapi proses monitoring dan management selama 24/7, advanced response untuk ancaman siber serta data center yang mampu terintegrasi di berbagai industri. Untuk layanan JEDI lainnya, Anda dapat menghubungi kami di marketing@jedi.id 

Penulis: Jeko Iqbal Reza
Content Writer CTI Group