Cari Tahu Apa Itu Wi-Fi 6, Generasi Baru Standar Jaringan Wireless

Sep 13, 2022
WiFi_6_Managed_WiFi_JEDI_(2).jpg

Semakin ke sini, akses internet akan aplikasi yang membutuhkan bandwidth lebih besar semakin melonjak. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain seperti video on demand, music streaming, hingga video game. Selain itu, kebijakan Work From Home (WFH) dan kerja remote yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun terakhir, juga memicu perusahaan untuk menuntut koneksi internet yang lebih gesit dan stabil. Peningkatan kebutuhan ini, untungnya dapat diakomodir dengan dengan beralih ke Wi-Fi generasi terbaru, yakni Wi-Fi 6.

Menariknya, Wi-Fi 6 justru sudah hadir sebelum pandemi, tepatnya pada 2019. Namun demikian, implementasi Wi-Fi ini masih belum merata. Bahkan, masih sedikit bisnis yang mengetahui akan keuntungan dan apa yang bisa dilakukan Wi-Fi ini dalam memenuhi kebutuhan akses internet di era yang serba hybrid. Nah, dalam artikel ini, akan dikupas lebih tuntas terkait apa itu Wi-Fi 6, kecepatan yang bisa dihasilkan, perbedaannya dengan Wi-Fi 5, kelebihan Wi-Fi 6, serta layanan Managed Wi-Fi dari JEDI Solutions yang sudah mendukung Wi-Fi 6.

Apa Itu Wi-Fi 6?

Apa itu WIFI 6

Menurut informasi yang dilansir The Verge, Wi-Fi 6 adalah Wi-Fi generasi terbaru yang memiliki fungsi sama dengan versi sebelumnya, dengan menghubungkan pengguna ke internet secara nirkabel. Namun, Wi-Fi yang memiliki nama IEEE 802.11ax ini dilengkapi lebih banyak teknologi baru yang dapat mempercepat koneksi internet.

Berapa Kecepatan yang Mampu Dihasilkan Wi-Fi 6?

Wi-Fi 6 mampu menghasilkan kecepatan yang lebih besar, yakni 9,6 Gbps. Jika dibandingkan Wi-Fi 5, kecepatan ini jelas lebih tinggi, karena Wi-Fi 5 hanya berkisar di angka 3,5 Gbps saja. Selain itu, latensi yang dihasilkan Wi-Fi 6 juga 75 persen lebih rendah jika dibandingkan Wi-Fi 5.

Perbedaan Wi-Fi 5 vs Wi-Fi 6

Selain soal kecepatan, Wi-Fi 6 memiliki perbedaan yang signifikan dengan Wi-Fi 5. Berikut perbandingannya.

  • Kapasitas Wi-Fi 6 mendukung 4 kali bandwidth daripada Wi-Fi 5.
  • Kapasitas Wi-Fi 6 lebih besar, karena teknologi MU-MIMO memungkinkan sejumlah perangkat untuk bisa bersamaan online.
  • Wi-Fi cuma melibatkan frekuensi 5 GHz, sedangkan Wi-Fi 6 bisa mencakup 2,4/5GHz, yang membuat perangkat dengan kecepatan rendah dan tinggi bisa memakainya.
  • Secara modulasi, Wi-Fi 6 mampu mendukung 1024-QAM, sedangkan Wi-Fi cuma mendukung 256-QAM. Hal tersebut mendukung lebih banyak kapasitas data dan transmisi data lebih tinggi.
  • Wi-Fi 6 mengantongi teknologi OFDMA baru dalam mendukung sejumlah terminal di transmisi paralel.
  • Secara mekanisme kerja, Wi-Fi 6 bisa tingkatkan waktu transmisi sinyal dari Wi-Fi 5 menjadi 12,8?s. Dengan demikian, hal ini secara efektif bisa kurangi tingkat kehilangan paket dan tingkat transmisi ulang.
  • Wi-Fi 6 menerapkan protokol keamanan WPA, yang menjadikannya lebih aman dan anti peretasan.
  • Wi-Fi 6 memiliki fitur Target Wake Time atau TWT, yang memungkinkan perangkat tersambung secara efisien. Hal ini membuat daya lebih hemat dan waktu pakai perangkat lebih lama karena daya yang awet.

Apa Saja Kelebihan Wi-Fi 6?

Kelebihan WiFi 6

Wi-Fi 6 tentu membawa beberapa kelebihan yang bisa dimanfaatkan perusahaan. Apa saja?

1. Bandwidth keseluruhan per pengguna bisa lebih besar untuk video ultra-HD dan streaming virtual reality.

2. Mendukung aliran data yang lebih simultan dengan peningkatan throughput.

3. Jika sebelumnya penggunaan spektrum total lebih banyak di 2,4GHz dan 5 GHz, kini penggunaannya untuk Wi-Fi 6 akan tersedia di 1 GHz dan 6 GHz.

4. Spektrum ini akan dipecah ke lebih banyak saluran untuk hasilkan berbagai rute komunikasi.

5. Jangkauan maksimal access point Wi-Fi 6 juga lebih tinggi dan empat kali lebih jauh.

6. Wi-Fi 6 memiliki kinerja optimal di lingkungan outdoor serta area padat gedung dan penduduk.

7. Wi-Fi 6 mampu alihkan trafik koneksi data dari jaringan seluler, jika sinyal yang diterima berkualitas buruk.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Tips Memilih Konsultan IT yang Ideal

Bagaimana Cara Dapatkan Wi-Fi 6?

Pertama, Anda harus memastikan bahwa perangkat bisnis yang digunakan telah bersertifikat Wi-Fi 6. Anda juga harus menyadari bahwa untuk bisa mendapatkan Wi-Fi 6, perangkat Wi-Fi dan router Wi-Fi Anda harus sudah generasi Wi-Fi 6. Dalam penerapannya, Anda bisa memanfaatkan penggunaan Wi-Fi 6 secara menyeluruh dengan bantuan dan dukungan Managed Service, salah satunya adalah layanan Managed Wi-Fi dari JEDI Solutions.

Managed Wi-Fi dari JEDI

Dengan layanan Managed WI-FI dari JEDI Solutions, Anda bisa menikmati koneksi Wi-Fi tanpa batas di dalam perusahaan dengan berbagai dukungan untuk setiap kebutuhan. JEDI memiliki IT Support bersertifikat untuk menangani seluruh kebutuhan Wi-Fi 6 Anda, termasuk merancang, merekayasa, memasang sistem nirkabel, dan mengelola seluruh jaringan. Dengan demikian, pengalaman Wi-Fi yang sempurna untuk Anda pasti akan terjamin.

Mengapa Pilih Managed Wi-Fi dari JEDI?

Ada beberapa alasan yang perlu diketahui ketika memilih Managed Wi-Fi dari JEDI Solutions. Berikut di antaranya.

Dapatkan Visibilitas Lebih Besar

Dengan layanan Managed Wi-Fi dari JEDI, Anda bisa melihat dan mengontrol Wi-Fi Anda dari dashboard. Hal ini akan mempermudah Anda untuk ambil keputusan dengan cepat.

Keamanan yang Lebih Baik

JEDI memastikan keamanan yang berlapis seperti enkripsi, otentikasi terpusat dan pelacakan untuk mempermudah dalam menemukan solusi keamanan Wi-Fi Anda.

Pengurangan Biaya Operasional

Infrastruktur Wi-Fi sangat kompleks dan dinamis. Karenanya, upgrade selalu diperlukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Layanan Wi-Fi 6 yang dikelola JEDI pun memastikan perawatan dan implementasi dengan harga terjangkau, lancar, dan tidak repot.

Management Guest Wi-Fi

Dengan keunggulan ini, JEDI dapat mengelola dan membatasi pemanfaatan jaringan serta menghindari phishing. Dengan temikian, Anda dapat meningkatkan pengalaman dan memahami perilaku pengguna.

Saatnya untuk menyempurnakan koneksi Wi-Fi 6 Anda dengan solusi Managed Wi-Fi dari JEDI Solutions! Untuk informasi lebih detail, silakan hubungi info@jedi.id.

Penulis: Jeko Iqbal Reza

Content Writer CTI Group